Mode Penyamaran Chrome – Penting Tapi Sering Diabaikan


mode-penyamaran-chrome-icon

Keberadaan mode penyamaran dari browser milik google yaitu penyamaran chrome adalah bukan hal baru bahkan sudah ada sejak lama, namun keberadaanya sering dilupakan atau diabaikan. Kalaupun dipakai, banyak juga yang tidak membaca secara teliti yang tertulis saat pertama kali kita buka halaman baru browser chrome ini.

Menurut saya mode penyamaran ini sangat berguna saat kita harus membuka web yang sifatnya pribadi dan penting untuk dijaga kerahasiaannya, misalnya transaksi yang menyangkut keuangan, kartu kredit, login akun yang perlu kerahasiaan atau hal-hal penting lainnya.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, mode penyamaran ini sangat berguna, namun sering diabaikan begitu saja walaupun sebenarnya cara membukanya juga gampang …

1. Dari browser chrome kita bisa menekan tombol Ctrl + Shift + N secara bersamaan, atau

2. dari browser chrome kita klik icon di pojok kanan atas, seperti digambar berikut ini :

mode-penyamaran-chrome

Dan akan keluar tampilan browser seperti berikut ini :

mode-penyamaran-chrome

Pada mode ini tercantum uraian singkatnya kurang lebih sebagai berikut :

Anda menggunakan mode penyamaran. Laman yang Anda lihat di jendela ini tidak akan ditampilkan dalam riwayat browser atau riwayat penelusuran Anda, dan laman itu juga tidak akan meninggalkan jejak, seperti cookie, di komputer setelah Anda menutup semua jendela samaran yang terbuka. Tetapi, file apa pun yang Anda unduh atau bookmark apa pun yang Anda buat akan disimpan.

Jendela samaran tidak akan memengaruhi perilaku orang, server, atau perangkat lunak lainnya. Waspadai:

  • Situs web yang mengumpulkan atau berbagi informasi tentang Anda

  • Penyedia layanan internet atau perusahaan yang melacak laman yang Anda kunjungi

  • Perangkat lunak berbahaya yang melacak tombol yang Anda tekan dengan imbalan smiley gratis

  • Pemantauan agen rahasia

  • Orang yang berdiri di belakang Anda

Apa bila kita memasang exstensi / plugin / add on pada browser kita dan memberi akses plugins / ekstensi / addon untuk di mode penyamaran ini, ceritanya akan lain … ekstensi tersebut tetap memiliki akses untuk “melihat aktifitas” browser kita dan biasanya ekstensi tersebut sudah memberi informasi saat kita memasangnya.

Catatan : Tidak ada yang bebar-benar rahasia saat kita mulai online, karena bagaimanapun yang kita tulis secara online data selalu tersimpan di sebuah server dan meninggalkan log aktifitas di media yang kita gunakan. Namun setidaknya mode penyamaran ini sedikit lebih “save” .

 

Tulisan ini hanya sebuah catatan biasa.

Tinggalkan balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.