opencart-logo

Modul Shipping JNE Untuk Opencart ( 1.5.6 )


Bagi pemilik toko online, shipping method menjadi hal penting yang harus dimilik. Untuk wilayah Indonesia kita mengenal TiKI, POS, JNE, Wahana, RPX dan lain-lain.

Kali ini saya membuat extensi / modul shipping khusus bagi pengguna JNE, ini murni buatan ku sendiri yang aku clonning secara sederhana dari modul shipping berbasis berat paket. Dan modul ini sengaja tidak saya tulis atau share di extensi situs opencart karena ini methode paling sederhana yang aku buat NON-VQMOD.

Pertama yang kita perlukan adalah mendownload file nya, total berjumlah 7 buah, kemudian copy dan paste ke folder masing-masing.

Karena JNE menggunakan GEO Zone sebagai acuan biayanya, maka kita perlu juga membuat Geo Zone nya terlebih dahulu. Opencart hanya mempeersiapkan Geo Zone secara hirarki sampai level State / Propinsi, sementara paket pengiriman di Indonesia menggunakan acuan Kabupaten sebagai dasar perhitungan biaya menyangkut jarak…untuk itu kita mesti sudah membuat opencart kita sampai ke level kota.

Ini penampakan Modul JNE nya . (running di opencart 1.5.6 )

JNE-Opencart

Khusus toko online ku karena hanya diperuntukkan penjualan Indonesia maka aku merubah Country / Negara menjadi Province / Propinsi dan Province aku ubah menjadi City / Kota.

Opencart-wilayah-geografis

Download Tarif JNE dari Yogyakarta ke seluruh Indonesia disini : Tarif JNE Yogya – update April-2013disini.

Download Data Lokasi disini : Propinsi – Kota – Geozone.

UPDATE TERBARU UNTUK MODUL INI BISA DILIHAT disini.

dan

UNTUK DATA TARIF ? ONGKIRNYA UPDATE TERBARU disini.

disini.

8 thoughts on “Modul Shipping JNE Untuk Opencart ( 1.5.6 )

  1. Indra says:

    Waw, saya pernah bikin yang seperti ini, memang manual, tapi lebih aman dalam penggunaanya, hanya saya tidak isi formatnya, sangat bermanfaat artikelnya, terima kasih sekali.

    • Nikorudy says:

      Thx dah singgah gan… saat ini ane justru lagi kembangin lagi ke level kecamatan, jadi bukan zone_to_geo_zone, tp kecamatan_to_geo_kecamatan. JNE memakai harga yang berbeda sampai level kecamatan … walaupun sebenernya dah bisa pakai zipcode_to_geo_zipcode yang sudah ane buat sebelumnya.
      Mau beli mahal gan .. pake dollar hahaha

  2. iqbal says:

    sore gan, ane lagi cari module pengiriman pake jne untuk opencart, searce di google dpt blog agan. mo download module tapi ga bisa gan, bisa di bantu kan?. thanks

  3. Andrew says:

    Kalo kota itu apakah sama dengan zone,om? soalnya saya download file excelnya untuk kota hanya 1 1 DI Aceh, 2 1 DI Aceh. Itu maksudnya gimana ya? Lalu untuk zone_to_geozone_id itu di bagian country_id, zone_id isinya bukannya harusnya id (berupa angka) dari referensinya? Mohon penjelasannya,om. Bingung soalnya..hehehe..

  4. Nikorudy says:

    Bagi rekan-rekan yang udah pernah download di link post ini, link download saat ini saya hilangkan… sebaiknya melihat postingan lanjutannya disini https://nikorudy.wordpress.com/2013/10/17/modul-jne-untuk-opencart-reg-ok-yes-dalam-satu-modul/

    di post ini saya menulis 2 masalah yang timbul mengacu pada regulasi JNE, kemudian modul terbaru bisa dilihat disini penjelasannya disini https://nikorudy.wordpress.com/2013/11/05/modul-jne-opencart-reg-oke-yes-part-3/

    Catatan : saat ini modul JNE dan POS masih belum bisa saya share dengan alasan modul adalah permintaan seseorang baca https://nikorudy.wordpress.com/2013/11/19/masuk-ke-page-one-google/

    Thx.

  5. Javagio says:

    misi gan, apa module ini udah auto update ke daftar harga baru pengiriman JNE ?? soalnya kan JNE ada perubahan daftar harga sejak 15 september kemaren
    makasih gan

Tinggalkan balasan

