modul-kurir-elteha-opencart

MODUL ELTEHA OPENCART


Setelah cukup lama tidak berkutak-katik dengan syntax alia kode-kodean, akhirnya sore ini terpaksa aku harus membakar banyak rokok sebagai teman memutar otak untuk membuat modul tarif ELTEHA untuk opencart dari Yogyakarta, awalnya aku kira akan banyak code yang harus aku tulis ternyata simpel saja dan tidak jauh berbeda dengan POS Kilat khusus yang memiliki range-range sesuai berat dan lokasi tujuannya.

Mungkin modul ini pun bisa digunakan juga untuk modul tarif kurir Dakota Cargo ( dengan sedikit merubah disesuaikan aturan yang berlaku di dakota ).

Saya merasa memerlukan modul ini karena ternyata diluar JNE dan POS banyak sekali permintaan pengiriman yang terbilang murah yang masih dalam jangkauan pelayanan ELTEHA, walaupun beberapa wilayah terjangkau tersebut harus ambil sendiri di kantor ETEHA setempat dan sebagian lagi ( yang dalam kota ) akan di antar sampai alamat tujuan.

LANGKAH PERTAMA

Mencari aturran dan tarif yang digunakan oleh ELTEHA dalam kasus yang saya butuhkan adalah tarif ELTEHA dari wilayah Yogyakarta. Sekali googling ternyata langsung ditemukan datanya ( ELTEHA BLOGSPOT , terima kasih gan … ane numpang download gambarnya dan sebagai gantinya ane pasang link :) ) dan setelah saya cek secara acak dengan menelepon ( beberapa kali ) ke elteha ternyata data ini masih berlaku saat ini.

tarif-elteha-yogyakarta

So… langkah pertama selesai, saya mulai menuju ke langkah ke 2, yaitu meng-copy MODUL POS Indonesia untuk Opencart.

LANGKAH KEDUA

Seperti yang sudah saya ulas sedikit pada bagian akhir langkah pertama, yaitu meng-copy modul POS ( ini buatan ane sendiri lho gan, jangan salah persepsi …hehehe ) dan mulai sedikit merubah code di dalamnya, dan ternyata tidak lama, sekitar 6 file php dan 2 file tpl hanya memerlukan waktu setengah jam.

Oke… langkah kedua selesai, lanjut ke langkah ketiga….upload modul

LANGKAH KETIGA

Seperti biasa dengan menggunakan aplikasi Fillezilla aku mulai meng-upload satu-persatu file modul ini dan langsung ane test modulnya…. dan siiip…. sampai level administrator modul berjalan dengan baik dan lancar. Sementara data masih kosong ( Langkah keempat ), maka ane belum bisa cek apakah ada bug di sisi catalognya…

Ini penampakan dari sisi Admin.

modul-kurir-elteha-opencart

modul-kurir-elteha-opencart

Dan seperti yang terlihat digambar, data masih sangat kosong dan jelas menurut ane ini bakal berat karena harus mempersiapkan datanya dan kemudian merubahnya kedalam format yang sesuai dengan modul yang telah saya buat tadi.

Jadi, sampai tulisan ini ane post , ane belum bisa mencobanya dari sisi Front End atau Catalog nya.

Note : tulisan ini untuk mengingat dan sebagai catatan modul ini pernah saya buat.

Terima kasih.

Just for share

Advertisements

One thought on “MODUL ELTEHA OPENCART

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s