Database Spesifikasi Handphone, Motor, Mobil dan Alat Elektronik


Beberapa hari ini aku mencoba mengurangi isi laptop yang penuh sekali dengan file data dokumen maupun sistem yang selama ini aku kumpulkan secara bertahap dan sudah lama sekali tidak aku cek.

Besarnya data tidak saja menghabiskan kapasitas hardisk ku namun juga membuatku kesulitan saaat mencari sebuah file di belantara file yang secara bertahap menjadi tdak tertata rapi.

Menghapus file adalah hal gampang alias tinggal delete saja, namun jika harus memilih satu persatu file yang masih aku anggap perlu dan mengelompokkannya kembali agar lebih mudah saat mencari … itu yang membuat prosesnya jadi lama.

UPDATE :

Akhirnya data spesifikasi ponsel tsb aku jual di : https://goo.gl/KIURTG

Beberapa file masih sayang untuk aku hapus begitu saja, misalnya :

  • Software hasil karya ku dulu
  • Data-data wilayah indonesia, mulai dari propinsi, kabupaten sampai kecamatan besarta kodeposnya
  • Biaya ongkos kirim beberapa kurir (tertinggal updatenya)
  • Data spesifikasi ponsel (handphone) yang secara bertahap aku update dalam format excell (xls) ternyata sudah cukup banyak, sampai update kemarin ada sekita 8K++ spesifikasi handphone.
  • Data spesifikasi Motor yang jumlahnya juga sangat banyak dan sampai hari ini masih aku update terus untuk katalog salah satu website ku.
  • Data spesifikasi Mobil, yang juga aku gunakan untuk katalog di website yang sama dengan database spesifikasi motor.
  • Database spesifikasi alat-alat elektronik yang juga tersimpan dalam format ms excell dan sama penggunaanya dengan website tentang teknologi ku.

Kenapa Excell ?

Tidak tahu kenapa, walaupun aku juga rutin membackup database website (format SQL ) dan menyimpannya, baik di cloud maupun di laptop, aku tetap membuat update berkala di ms excell.

Software Buatanku Jaman Dulu

Software-software ini adalah hasil karya ku dulu yang aku buat tidak berapa lama setelah aku “pensiun jadi programmer” di sebuah perusahaan di Jakarta. Walaupun sudah tidak up todate, namun seperti sebuah “prasasti pribadi” dan menjadi kenangan tersendiri.

Ada cerita lucu dibalik software-software yang aku buat ini, dimana sekitar 20 tahun yang lalu aku resmi sign out dari instansi software house yang mampu menjual program dengan harga ratusan juta (termasuk maintenance) karena merupakan software-software yang terintegrasi dari satu departemen dengan departemen lainnya.

dijual mahal justru laku, di obral justru tidak ada yang mau…. (Nikorudy)

Begitu keluar dari pekerjaan, aku memutuskan untuk memulai lagi dari awal dan membuat software database untuk toko, hotel dan sejenisnya dengan kualitas code yang jauh lebih bagus dari saat aku masih bekerja … dan mulai aku pasarkan ….

Dan yang terjadi adalah,

software yang jauh lebih bagus ini, tidak laku sama sekali karena beberapa hal menurutku :

  1. Tanpa instansi, maklum baru merintis jadi aku pasarkan sendiri dan hasilnya …. ZONK…
  2. Momen yang belum tepat. Pada waktu itu sebuah instansi, toko, dll jika ditawari  sistem (software) merasa bahwa pekerjaan mereka akan bertambah banyak. Analoginya adalah … 20 tahun lalu jika Anda menjual jasa pembuatan website, maka tanggapannya tidak akan seperti saat ini.
  3. Tidak profesional, jelas saja karena waktu itu masih sangat muda, minim pengalaman … namun terlalu idealis

Database Wilayah Indonesia

Data ini termasuk yang paling sering aku gunakan saat develop website, baik website classified, maupun store (olshop).

Pada website classified (web iklan), data ini dipergunakan sebagai sarana pengelompokan iklan per lokasi dengan kedalaman sampai level kecamatan.

Sedangkan untuk website store (online shop) data lokasi ini digunakan untuk perhitungan biaya ongkos kirim, baik berdasarkan lokasi maupun kodepos.

Database Spesifikasi Handphone

Data ini ini termasuk yang paling berat loadingnya saat dibuka, karena memiliki 54 field (kolom) dan hampir 9000 spesifikasi (row) dan didalamnya juga tersimpan formula excell yang memberatkan saat dibuka.

Dan bukan itu saja, data spesifikasi ini juga aku buat untuk berbagai format menyesuaikan jenis database website, misalnya :

  • Data spesifikasi handphone untuk WordPress. Dalam hal ini aku sesuaikan formatnya dengan plugin sepsifikasi wordpress.
  • Data spesifikasi handphone untuk Opencart. kenapa opencart ?, formatnya sangat berbeda dengan wordpress dimana opencart menggunakan sistem group atribute dan atribute, bahkan juga pada option (table option)
  • Database spesifikasi hanphone untuk format Osclass. Nah … kenapa osclass juga memerlukan spesifikasi ? bukannya osclass adalah iklan yang dibuat untuk diisi oleh oang lain ? …. (tidak akan saya ceritakan alsannya … eman2 … ehehe )

Database Spesifikasi Mobil dan Motor

Sama seperti database handphone, database spesifikasi mobil dan motor ini aku simpan dengan format yang sesuai dengan plugin wordpress dan osclass (tidak aku buat untuk format opencart) dan masih terus di update hingga saat ini.

Kembali ke Tema Awal

Jadi, seperti yang aku tulis dibagian awal … akhirnya kau mulai mengurangi file yang memenuhi laptop dan hardisk-hardisk externalku yang sudah tidak mampu menampung file-file baru lagi. Tadinya aku mau menambah hardisk baru atau laptop baru saja, namun setelah aku pertimbangkan … ini akan menambah ketidak teraturan file-file ku yang semakin lama samakin membengkak dan tidak terorganisir secara rapi.

Capek ….

Tinggalkan balasan

