penelusutan-analitik-google-2

Membaca Lalu Lintas Penelusuran di Google Webmaster


Sebelum memulai membaca, saya informasikan dulu beberapa hal tentang ruang lingkup dan pembatasan artikel ini. Wiiih, jadi ingat skripsi …..

  • Artikel ini hanya akan membahas tentang google webmaster, dan
  • Artikel ini membatasi lingkupnya hanya pada fungsi analitik nya saja, dan yang pasti
  • Artikel ini tidak membahas tentang lalu lintas , baik lalu lintas darat, air maupun udara apalagi lalu lintas perputaran uang tapi lalu lintas “penelusuran google (google traffic)”.

Google Webmaster adalah sebuah tool yang disediakan oleh google bagi pemilik blog dan website untuk memantau dan juga mengoptimalkan kinerja website termasuk memantau adanya malware pada website yang mengganggu kinerja di mesin pencarian, terutama mesin pencarian google tentunya. Intinya, google webmaster adalah senjata ampuh para webmaster yang disediakan oleh google.

Membahas google webmaster secara keseluruhan tentu sangat luas …. Jadi sepertti yang saya sampaikan diatas, saya hanya akan membahas salah satu fungsinya saja, yaitu fungsi analitik nya saja yang terdapat pada menu “Telusuri Analytics” di bawah menu “Lalu Lintas penelusuran” Google Webmaster jika Anda menggunakan bahasa Indonesia.

 

Mending pakai Google Analytics sekalian saja, kan lebih lengkap?

Ya iya, tetapi tulisan ini kan jelas hanya membahas tentang “Membaca Lalu Lintas Penelusuran di Google Webmaster” jadi saya tidak akan membahas tentang Google Analytics di tulisan ini, mungkin ditulisan yang akan datang atau kapanpun saat saya sempat menulis.

Bagaimana sih cara membuka Google Webmaster ?

Wah, pertanyaan ini membawa tulisan ini mundur jauh dari tema dan ruang lingkup pembahasan yang sebenarnya …

Tapi ngga ada salahnya juga kita bahas dulu tentang cara membuka google webmaster, karena bisa saja ada yang belum tahu caranya. Dan ini dia caranya :

  • Buka alamat google webmaster, ini dia tautannya : Google Webmaster
    • Setelah membuka tautan di atas Anda harus lagin untuk masuk ke halaman webmaster
    • Login menggunakan akun google email Anda, karena semua sarana yang disediakan oleh google menggunakan 1 (satu) akun, yaitu google email.
  • Setelah log in, Anda akan melihat beranda google webmaster berupa halaman “Search Console
    • Note : Jika sebelumnya belum pernah menggunakan google webmaster, maka pada halaman ini belum properti apapun.
    • Tambahkan properti (website atau blog) Anda melalui tombol warna merah bertuliskan “Tambah Properti” disisi kanan atas halaman google webmaster. Pembahasan tentang menambah properti ini bisa dilihat pada “Cara Menambahkan Website Pada Google Webmaster”.
  • Setelah menambahkan website pada google webmaster, maka klik pada Website yang telah Anda tambahkan tadi.
  • Anda akan dibawa halaman Dasbor, yang berisi  “Status Saat Ini”.
  • Pada sisi kiri, terdapat menu-menu utama Google Webmaster, dan salah satunya adalah menu “Lalu Lintas Penelusuran

Menu Lalu Lintas Penelusuran

Menu ini jika Anda klik (buka) maka akan muncul sub menu yang berisi :

  • Telusuri Analytics
  • Tautan ke Situs Anda
  • Tautan Internal
  • Tindakan Manual
  • Penargetan Internasional
  • Kebergunaan Seluler

Dari sinilah pembahasan artikel ini akan dimulai, yaitu pada sub menu “Telusuri Analytics”

Membaca lalu lintas penelusuran

Ada beberapa isitilah yang digunakan pada google webmaster yang perlu Anda ketahui dulu arti dan fungsinya sebelunya membaca analaitik google webmaster ini, yaitu :

  • Klik :  jumlah klik yang diperoleh dari hasil penelusuran menggunakan mesin pencari google, dalam hal ini adalah pencarian web, pencarian gambar, pencarian video dan lainnya.
  • Tayangan : berapa kali website / blog Anda “ditemukan” melalui mesin pencari google dengan kata kunci (keyword) tertentu, jadi ini penayangan ini berbeda dengan laporan penayangan yang dihasilkan oleh webmaster tool lainnya seperti histats, termasuk penayangan versi google Analytics. Daftar keyword yang menjadi dasar jumlah penayaangan ini ada di bawah grafik analitiknya.
  • RKT (Rasio Klik Tayang) : perbandingan jumlah tayangan dan klik. Disini jelas sekali manfaat Posisi pencarian dan judul “unik dan menarik” maupun keyword menjadi faktor penentu yang dominan. Semakin tinggi rsio klik (RKT) akan semakin bagus tentunya. Atau lebih lengkapnya adalah peran SEO (search engine optimation) sangat menentukan.
  • Posisi : posisi rata-rata semua artikel kita dari hasil penelusuran google.

Nah ini dia contoh gambar dari salah satu website saya yang lama tidak terawat dan idle.

penelusutan-analitik-google-1

Dari keempat data ini saja, sebenarnya kita sudah bisa menganalisa status website atau blog kita pada google search engine dan mulai melakukan action (tindakan) yang tepat untuk mengoptimalkan website maupun blog di mesin pencari google.

Namun tidak hanya itu, di analitik versi webmaster google ini juga ditambahkan query untuk melihat lebih detil lagi, melalui filter yang disediakan, yaitu :

  • Kueri : semua keyword (kata kunci ) yang terindek oleh google yang membuat halaman website Anda muncul di pencarian google.
  • Laman : halaman pada website Anda yang muncul dipencarian google
  • Negara : kita juga bisa menyaring data lebih detil berdasarkan negara.
  • Perangkat : Alat atau piranti apa saja yang digunakan.
  • Jenis Penelusuran : Jenis penelusuran google yang digunakan, misalnya penelusuran web, gambar atau video.
  • Tanggal : melihat data sesuai rentang waktu tertentu.

Agar lebih jelas, bisa pelajari gambar berikut ini yang tersedia di analitik lalu lintas penelusuran Google Webmaster, dimana keyword pda posisi row dan filter pada posisi kolom.

  • Ada yang saya tandai merah yang artinya kasihan banget, dan
  • Ada yang saya tandai biru yang artinya lumayan deh.

Tahu kenapa ?

penelusutan-analitik-google-2

 

2 thoughts on “Membaca Lalu Lintas Penelusuran di Google Webmaster

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s