chaptca-google

BUKTIKAN ANDA BUKAN ROBOT ?


Saya termasuk yang sering mengalami pertanyaan ini saat sedang posting artikel di blog nya google, terutama saat saya membuat schedulled post untuk 1 ( satu ) tahun kedepan, yaitu pertanyaan keamanan “BUKTIKAN ANDA BUKAN ROBOT? “ yang lebih dikenal dengan chaptcha. Entah kenapa setiap membaca tulisan tersebut aku suka senyum-senyum dan menunggu yang versi gambar muncul ( saya tampilkan tulisannnya dibagian belakang).

Siapa sih yang saat ini bukan robot ?

bangun pagi …. persiapan kerja / aktifittas lain …. rutinitas kerja …. pulang …. trus aktifitas rumah … rutin … setiap hari, dan tanpa terasa sudah melakukan ini bertahun-tahun.

Tapi intinya bukan itu, pertanyaan ini dipergunakan untuk menghindari spamming dan sejenisnya dan memastikan dilakukan secara manual (bukan software ) atau sejenisnya. Nah … google termasuk yang sangat terstruktur dalam melakukan ini :

saat mulai muncul pertanyaan ini … biasanya hanya suruh mencentang saja

chaptca-google

saat kita terus melakukan aktifitas yang sama ( misalnya : posting ), maka sekarang mulai mengisi chaptca yang berupa kata ( rangkaian huruf dan angka)  yang relatif gampang,

chaptca-google

dan jika masih nekad terus dilakukan (disaat yang sama ) maka pertanyaannya semakin sulit (menurut saya). Dan jika masih nekat lagi terus melakukannya maka pertanyaannya berganti dengan gambar ….

Nah ini dia…menurut saya ( kaca mata saya), ini termasuk sulit …. bagaimana tidak sulit, biasanya kita disodori gambar aneka makanan dan disuruh memilih beberapa gambar yang sesuai dengan gambar contoh disisi kanan. Yang membuat sulit ( sekali lagi menurut saya ), gambarnya itu lho … makan-makanan yang enak dan menggiurkan …. jawabanku cenderung salah… kenapa ?

Karena yang aku pilih bukan yang benar jawabannya … tapi yang aku pilih yang paling aku suka … dan yang paling pas dengan selera ku …. ( just joke ).

Ini nih contoh gambar chaptca nya …

chaptca-google

Tulisan iseng …

Jangan nekat kalau sudah diberi warning ala chatpca begini … yang pasti algorithma nya google pasti sangat komplek dan pastinya disertai AI ( nggak tahu singkatan dari apa … intinya kecerdasan buatan ).

Duh … jadi ingin kuliah di kampus bonafide biar bisa pakai bahasa-bahasa keren … tapi jangan di ruang kuliahnya … cukup di kantinnya saja …. xixixixi

Hehehehe ….

2 thoughts on “BUKTIKAN ANDA BUKAN ROBOT ?

  1. jtxmisc says:

    mantap gan perkembangan teknologi sekarang, , klw kita gak ikuti bisa ketinggalan kereta , termakasih infonya, visit blog dofollow saya juga ya gan :)

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s