perencanaan kata kunci

PERENCANAAN KATA KUNCI :: KONTES SEO NASA (KAMI)


Dari sebuah “kecerian kompetisi” kami para distributor NASA, ternyata muncul kondisi saling berbagi yang sangat kontradiktif dengan persaingan itu sendiri. Kami yang biasa berkumpul di ruang santai PT. Natural Nusantara bersama berbagi pengalaman dan informasi saling berbagi ilmu dan teknis-teknis baru dalam mengembangkan bisnis NASA.

INDAHNYA BISNIS NASA

Hal yang tidak ada / jarang muncul pada bisnis (lain) yang “mendefinisikan” persaingan sebagai sebuah kompetisi murni, persaingan adalah merebut kemenangan, persaingan adalah mengalahkan pesaing, atau yang terparah adalah persaingan adalah menjatuhkan pesaing kita, namun kenyataannya kami membuat persaingan itu menjadi sebuah kompetisi kemenangan bersama dan meraih lebih tinggi lagi bersama-sama.

ruang santai PT. Natural Nusantara NASA

Dan hari ini kami bersepakat untuk belajar bersama dalam sebuah “kompetisi SEO artikel” setelah tukar menukar pengalaman dan tukar menukar teknik pemasaran. Yup…ini sebuah keceriaan kompetisi, ini sebuah indahnya persaingan…tidak saling menjatuhkan tetapi  saling berlomba menggapai yang terbaik bersama.

Awalnya aku ingin menggunakan blog “tertua” ku untuk menulis artikel tersebut, namun setelah aku pertimbangkan aku putuskan untuk menggunakan blog “termuda” ku untuk “kompetisi” ini agar aku juga dapat mengukur seberapa jauh pengetahuanku tentang cara mengoptimalkan SEO pada sebuah artikel. Bukan soal menang atau kalah, bukan juga soal siapa yang terbaik, karena pada titik akhirnya semua teknis dan cara-cara yang kami gunakan akan kita share kembali untuk saling berbagi ilmu.

Catatan :

  • Kami yang berkompetisi tidak dari jaringan yang sama ( cross network), dan
  • artikel (tulisan) ini tidak termasuk yang aku optimalkan SEO nya karena hanya sebagai catatan yang muncul karena terdorong suasana ceria dan ingin aku simpan dalam sebuah tulisan.

TAHAPAN MENULIS ARTIKEL YANG SEO

Dan seperti kebiasaanku menulis sebuah artikel serius, aku bagi menjadi beberapa tahapan, yaitu :

  • Perencanaan keyword(s) atau kata kunci,
  • Menentukan keword(s) atau kata kunci turunannya,
  • Membersihkan duplikasi keyword / kata kunci,
  • Penulisan artikel yang terstruktur yang memenuhi kualitas SEO (sepanjang yang aku pahami),
  • Membuat link / tautan internal dan eksternal pada artikel,
  • Membaca ulang secara seksama artikel tersebut,
  • Menguji kualitas (score) artikel dengan berbagai tools / alat bantu,
  • Post / Publish artikel tersebut,
  • Melakukan optimalisasi eksternal terhadap artikel tersebut ( share, backlink dll)

Setidaknya tahapan-tahapan ini yang biasa aku lakukan dalam memaksimalkan sebuah post artikel. Yah kelihatannya ribet banget ya ? Ternyata tidak juga, karena tahapan ini akan secara otomatis dilakukan saat kita menulis artikel yang diharapkan menempati posisi terbaik dalam mesin pencarian seperti google dan kawan-kawannya :D.

PERENCANAAN KATA KUNCI / KEYWORDS

Oke, saya mulai saja malam ini. Beberapa tools yang biasa saya gunakan, yaitu :

  • Google Keywords Planner (perencana kata kunci nya google)
  • UberSuggest (sama fungsinya dengan google keyword planner)
  • scriptalicious (Keyword List Cleaner & Duplicate Keyword Remover)
  • Notepad

GOOGLE  KEYWORDS PLANNER

Pertama adalah  perencanaan “keyword / kata kunci”. Tentu saja Keyword Planner nya google yang paling utama saya pakai. Bagi yang belum tahu apa itu google keyword planner, ini penjelasan singkatnya.

  1. Masuk / Login ke akun google Anda
  2. Setelah login, masuk ke Google Adwords
  3. Klik Keywords Planner / Perencanaan kata kunci
  4.  Masukkan kata kunci yang anda inginkan, berikut ini urutan prosesnya :
    1. perencanaan kata kunci google
    2. pengaturan perencanaan kata kunci google
    3. hasil perencanaan kata kunci google

UBERSUGGEST

Dan untuk melengkapi perencanaan kata kunci ini, biasanya saya menggunakan dukungan alat yang lain, salah satunya adalah UberSuggest, caranya juga cukup sederhana, yaitu :

  1. Masukkan kata kunci kita
  2. Pilih wilayah Indonesia
  3. Masukkan chaptca
  4. Klik tombol “Suggest”
  5. ubersuggest perencanaan kata kunci
  6. Klik tombol “Select All Keywords” (jika Anda ingin memilih semua keywords hasilnya tadi,
  7. ubersuggest select all
  8. Semua hasil akan berubah (diblog) warna hijau kemudian klik tombol “Get”
  9. ubersuggest-result
  10. Akan muncul “Pop up”,
  11. Klik di salah satu kata kunci, kemudian blok semua ( Ctrl + A)
  12. Kemudian kita Copy dengan klik kanan –> Salin ( Copy)
  13. ubersuggest-copy

SCRIPTALICOUS

Setelah tadi kita Copy ( Ctrl +A ) tadi, kita perlu membuka Sciptalicous Keywords Cleaner untuk membersihkan kata kunci yang kita Copy tadi untuk dibersihkan dari “duplicate” atau duplikat.

  1. Paste-kan copy-an tadi ke dalam scriptalicious (no. 2), pastikan centang yang Anda perlukan (no. 1 warna merah)

  2. Klik tombol “Run List Cleaner” ( no. 3 warna merah)

scriptalicious

  1. Dan inilah hasilnya yang akan segera muncul dibawahnya

scriptalicious-hasil

  1. Klik tulisan “Select All” dibawahnya, kemudian klik kanan dan klik “Salin”

scriptalicious-copy

NOTEPAD

Dari sini baru kita buka alat yang selanjutnya yaitu NOTEPAD (dari windows).

  1. Buka NOTEPAD

  2. Klik Kanan di area putih Notepad

  3. Klik Tempel ( Paste )

perencanaan kata kunci notepad

Catatan:

  • Hasil di notepad ini kita gunakan sebagai pembanding dari hasil google keywords planner,
  • Pilih dan tandai (di notepad)  atau tambahkan dari hasil google planner yang menurut Anda baik untuk dimasukkan dalam artikel Anda dan buang yang tidak perlu.
  • Oke, sampai disini dulu tulisan ini, mungkin akan saya lanjutkan lagi pada postingan selanjutnya karena sudah saatnya saya menulis artikel (sebenarnya) yang akan kita “konteskan”.

Somoga bermanfaat.

One thought on “PERENCANAAN KATA KUNCI :: KONTES SEO NASA (KAMI)

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s