OPENCART : DATA PROPINSI, KABUPATEN DAN KECAMATAN


Masih seputar Opencart dan masih seputar Shipping Method menggunaka JNE dan POS Indonesia.

Kita tahu Indonesia aebagai negara kepulauan yang memiliki banyak sekali pembagian wilayah, mulai dari Propinsi, Kabupatan / Kota, dan Kecamatan yang jumlahnya luar biasa banyak. Dan kita tahu juga bahwa :

1. JNE menerapkan kecamatan & berat sebagai dasar perhitungan biaya kirim,

2. POS menerapkan data tujuan kota dan non kota (kecamatan/ desa) sebagai dasar perthitungan biaya juga.

Intinya mau tidak mau, kita harus menyiapkan data tersebut, setidaknya sampai level kecamatan, baik untuk JNE maupun POS.

Pengalaman saya pribadi, pembuatan modul hanya memerlukan waktu beberapa jam, baik untuk JNE maupun POS Indonesia, namun….

Untuk menyiapkan datanya, saya memerlukan waktu sampai 1 bulan lebih. wooow… kenapa ? karena keduanya tidak menggunakan kode yang unik yang sama atau ID yang bisa digunakan untuk Vlookup dengan menggunakan Excell, akibatnya … proses data banyak memakan waktu untuk copy paste satu persatu …dan jumlahnya (kecamatan) dalam data saya adalah sekitar . Belum lagi dara untuk biaya JNE dan dan POS nya per masing-masing jenis pengiriman JNE (REG, YES, OKE) POS (BIASA, KILAT dan EXPRESS).

Jadi sebulan proses data adalah waktu yang terasa berat yang saya gunakan untuk persiapan database Kab, Prop, Kecamatan, dan tariff JNE serta POS. Syukurlah sudah saya lewati pada akhirnya.

Pertanyaan :

Tanya : Tidak diupload saja ?

Jawab : ya, saya upload, tapi data yang saya upload lah yang memakan waktu yang cukup lama tersebut.

Tanya : kan bisa menggunakan formula-formula di Excell untuk proses persiapan datanya ?

Jawab : Ya … saya menggabungkan beberapa teknik di excell, mulai dari Vlookup kodepos dan nama, find n replace, dll, dan tetap saja lama, karena tidak ada ID/Code baku yang bisa digunakan sebagai patokan.

Dan saya yakin juga bagi pengguna modul JNE & POS akan mengalami hal yang sama saat mereka telah memilik modulnya dan harus mengisi datanya, jadi siapkan semangat.

Kalau data Propinsi, Kabupaten dan Kecamatan saat ini sudah aku miliki, bagi teman-teman yang memerlukan data silahkan hubungi saya.

Untuk data pengiriman (JNE dan POS) saya baru memiliki yang dari Kota Yogyakarta…dan bagi yang memerlukan silahkan hubungi saya agar saya bisa backup kan dari Administrator website saya dan Anda tinggal upload via Administrator opencart Anda.

Caranya : System -> Backup/Restor -> kemudian uploadkan data dari saya tersebut.

Atau dengan cara lain :

Download data dari saya, buka dengan Notepad atau Editor lainnya.

Pastikan prefix yang digunakan sudah sama semua (seperti gambar berikut).

gambar sql

Pilih semua / Select All atau Ctrl + A kemudian di Copy atau Ctrl + C

Buka phpMyAdmin Anda. Pilih / klik database Anda.

localhost phpmyadmin

Klik pada Tab SQL :

tab SQL phpMyAdmin

Kemudia klik mouse pada bagian kotak untuk meletak kan Cursor.

gbr-17

Paste-kan atau Ctrl + V copian dari file TXT yang sudah kita Copy atau Ctrl + C tadi.

gbr-18

Kemudian tekan tombol “GO” dan tunggu sampai proses Selesai.

 

Terimakasih.

Tinggalkan balasan

