Modul Shipping POS Opencart (Biasa – Kilat – Express ) Dalam Satu Modul ( Bag. 2 )


Setelah sekian lama membenahi data Tarif POS yang ternyata lebih rumit dari yang aku kira, akhirnya data selesai aku benahi.

Membenahi data POS ini memakan waktu seminggu, padahal sudah menggunakan beberapa sumber data, excell dan formula-formula nya, tetap saja memakan waktu lebih lama dari pembuatan modul yang paling memerlukan waktu sehari dalam pembuatannya. Tapi syukurlah akhirnya selesai juga dan berhasil aku unggah sekalian.

Sama seperti modul-modul lainnya, aku membuat tanpa menggunakan VQmod jadi murni modul dan seperti modul JNE yang aku buat sebelumnya, modul ini aku pecah menjadi 3 (tiga ) kolom entry untuk memecah data yang jumlahnya sangat banyak sekaligus meringankan dan memungkinkan untuk di upload kedalam field pada table Setting  yang berformat text.

Dan untuk menghindari kloning-kloning modul yang membuat ribet, tarif (biasa, kilat, dan express (regional & Nasional )) aku buat dalam 1 (satu) modul saja.

Inilah penampakan dari modul tersebut.

POS-Shipping-Opencart

Backend – Shipping

POS-Shipping-Opencart

Backend – Upload Data

POS-Shipping-Opencart

Frontend Checkout Step 2

POS-Shipping-Opencart

Frontend Checkout Step  4

POS-Shipping-Opencart

Frontend Checkout Step 6

Seperti uraian pada posting sebelumnya tentang Shipping POS Opencart, perhitungan yang dipakai adalah mengikuti aturan yang dibakukan oleh pihak POS Indonesia, dan belum termasuk pajak (PPN 1% dan HTBN 0,24%).

Pajak saya pisahkan dan menggunakan modul pajak yang sudah ada pada Opencart bawaan, sementara pajak HTBN sengaja tidak aku masukkan mengingat perhitungan berdasarkan nilai barang dan belum aku perlukan  karena akan menampilkan terlalu banyak biaya bagi customer yang terkesan kurang menarik minat beli.

Kira-kira beginilah modul POS Untuk Opencart yang meliputi Pos Biasa,  Kilat, dan Express.

Catatan :

  • Tarif Biasa Tujuan Dalam Kota maupun Luar Kota murni hanya manipulasi database (bukan modul)
  • Tarif Express Nasional dan Regional juga murni manipulasi database (bukan modul)

Ini lebih memudahkan dan menyederhanakan modul dan juga database.

Thx, semoga tulisan ini bisa memberi inspirasi .

4 thoughts on “Modul Shipping POS Opencart (Biasa – Kilat – Express ) Dalam Satu Modul ( Bag. 2 )

  1. Riza says:

    Maaf mas, saya yang dulu pernah SMS kalo diperbolehkan ikut berdonasi & download modul JNE-nya. Karena modul JNE yang saya pakai sekarang ini masih sampai level kota.

    Semoga berkenan di-reply.

Tinggalkan balasan

