Modul JNE Opencart (REG – OKE – YES ) Part 3


Modul ini total berbeda dengan modul sebelumnya yang saya buat. Akhirnya total saya ubah konsepnya mengingat regulasi dari JNE yang belum bisa terpenuhi seluruhnya pada modul sebelumnya.

Baca disini.

Karena rada males-males membuat sendiri akhirnya aku mencoba browsing sana-sini, memang ada sih yang ditawarkan secara gratis, namun belum sesuai dengan selera ku yang tidak pernah menggunakan modul Vqmod.

Bahkan sempat menemukan sebuah tulisan yang memberikan link gratis modul namun “menjual data” nya. Padahal data bisa dicari juga kok :D , di blog ini juga ada sebagian. (maaf bagi agan-agan yang menjual data beginian, bukan bermaksud mengganggu lapak).

Akhirnya aku coba …. ternyata muncul masalah baru ( sudah aku tulis sebelumnya) :

1. JNE Reg, Oke dan Yes masih harus dibuat secara terpisah-pisah (mungkin harus kloning-kloning modul)

2. PENTING, data kecamatan mencapai hampir 6000 data, sementara database (table field value pada table xx_setting hanya mungkin mampu menerima 2000-an data kecamatan secara aray).

3. Kondisi ini memungkinkan terjadi nya data yang tidak lengkap ter-unggah mengingat terbatasnya field value (text) pada table xx_setting tanpa Anda sadari, solusinya jika tetap pakai cara ini adalah … pisahkan menjadi 3 – 4 field data dengan nama yang berbeda (mis., _2 , _3, dst)

Artinya :

1. Modul free sudah sewajarnya tanpa garansi dan kosong tanpa data (sah-sah saja namanya juga free … lihat GPL agreement untuk lengkapnya),

2. Mereka yang menjual data tanpa memberi peringatan akan hal ini (keterbatasan field value pada table xx_setting) rasanya menjadi “kurang bertanggung jawab” kalau pemakaiannya diarahkan untuk digabungkan dengan modul tersebut, atau setidaknya membantu proses uploading secara lengkap dan sampai running smooth :D .

Hmmm …

Tidak baik menjual barang yang belum “Anda” kuasai , sengaja tidak sengaja kalau akhirnya tidak bisa digunakan, hasilnya akan sama saja.

Akhirnya aku buat sendiri (lagi) . Ini penampakannya :

Pada sisi Admin (Backend)

modul-JNE-opencart

modul-JNE-opencart

Dari gambar yang kedua diatas terlihat ada 3 (tiga) kolom untuk tipe pengiriman JNE Reguler dan JNE OKE , ini digunakan untuk membagi data menjadi 2 atau 3 bagian mengingat banyaknya data yang mesti di upload, sementara untuk tipe pengiriman JNE YES hanya saya buat 1 kolom karena sejauh ini belum terlalu banyak datanya.

SISI CHECKOUT (Frontend)

modul-JNE-opencart

Untuk keperluan akurasi data kecamatan, data kecamatan aku buat menggunakan cara Select atau dropdown. Ini saya buat tetap tanpa menggunakan Vqmod, jadi banyak sekali .php maupun .tpl yang harus aku replace agar bisa berjalan sempurna.

modul-JNE-opencart

Dan gambar diatas adalah penampakan dari Checkout step 4.

Jika wilayah yang dituju hanya ada JNE Reguler, maka hanya akan tampil 1 (satu) saja yaitu tarif reguler, jika wilayah tersebut ada layanan Tarif JNE OKE maka akan tampil 2 (dua) seperti contoh diatas atau jika ada semuanya maka akan tampil ketiga-tiga tarif JNE (Reg, OKE, YES).

dan seterusnya …..

dan seterusnya …..

Sebagai catatan :

Ini saya buat untuk kepentingan pribadi … sekaligus karena permintaan seseorang (monggo di cek gan ini sekaligus pemberitahuan dah ready), jadi maaf tidak untuk umum saat ini.

Semoga bisa jadi referansi bagi yang sedang cari-cari modul JNE untuk opencart.

TAMBAHAN

Sesuai permintaan agan XXX akhirnya aku tambahin lagi :

1. Tempat tujuan Pengiriman, dan

2. ETD : Estimasi Time Delivery

jne-opencart

Semoga ini sudah selesai tentang JNE … biar bisa fokus ke Modul lain :D.

22 thoughts on “Modul JNE Opencart (REG – OKE – YES ) Part 3

    • Nikorudy says:

      Thx dah berkunjung.

      Awalnya modul ini saya buat atas permintaan saudara yang memerlukan Shipping modul dan modul-modul opencart lainnya.

      Mengingat saat ini saudara saya kesulitan meng-akses internet (hanya bisa sesekali waktu), saya menampilkannya pada postingan blog ini agar dapat dilihat/di-evaluasi oleh dia.

      Karena saat ini dia justru belum bisa memakainya, akhirnya saya pakai di situs saya sendiri di http://www.naturalnusantara.org (monggo kalau mau dicoba, tapi jangan di post order jika untuk mencoba saja).

      Dan karena cukup banyak yang me-request modulnya sampai agak kewalahan merespon, saya akan berikan bagi yang memerlukan modul ini dengan donasi (tapi tanpa support).

      No. rek dan BB ada di situs toko saya, di url dia atas.

      Catatan :
      -. Mohon setelah diperoleh jangan di-share kan free/diperjual belikan, mengingat ini permintaan saudara yang justru belum memakainya.
      -. Semoga bermanfaat dan bisa sedikit “membantu” memajukan minat enterpreunership di Indo #hayah :D
      Thx.

  1. Anonymous says:

    alhamdulillah nemua blog agan ini,
    terima kasih bro, berguna banget buat ane yang baru mau coba bisnis online.

  2. Anonymous says:

    modulenya kompatibel dengan oc versi berapa sob? klo buat custom module terima juga? pesanan gitu.. hehehe

    • Nikorudy says:

      Ane buat pake versi 1551 tp ane instaall di olshop ku 156 gan…ane cuma hobi coding aja gan, bisnis ane beda bidang soalnya…btw custom modul apa gan?

      • Anonymous says:

        kebetulan saya juga pakai OC 1.5.5.1 module shipping bisa kepake nih.. sekalian minta tolong kustom module. barang kali ada email atau ym agar gampang di hubungi. thanks

  3. Nikorudy says:

    Jujur saya “takut menjual” modul, karena ada konsekuensi support dan error handling belum lagi data support, tapi yang memang memerlukan modulnya ada baiknya baca komentar2 di atas secara berurutan…dan modul bisa dicoba di url olshop saya ( url ada di komen atas) dan data saya juga ada di url saya tersebut.

    post terbaru saya di https://nikorudy.wordpress.com/category/website/

    Thx semua yang dah mampir dan komen :D

  4. Anonymous says:

    mas, saya sudah cek webnya hanya ada rekening aja apa BBnya gak ada? klo tlp bisa pakai nomer yg ada? thanks

    • Nikorudy says:

      maaf lama ngga cek blog ….

      cek ini bos ada pin bb ane disana, ngga enak share PIN disini
      https://www.facebook.com/marketing.naturalnusantara

      Beberapa hal yang membuat ane “ogah-ogahan” berbagi modul ini (bukan pelit gan) :
      1. Modul ini request dari adik ane yang belum sempat pake karena masih di US,

      2. Bukan sekedar modul tapi data lah yang agak berat, biasanya setelah dapat modul nanti merembet ke hal ini, takutnya kesibukan ane ngga memungkinkan untuk support. https://nikorudy.wordpress.com/2014/01/03/opencart-data-propinsi-kabupaten-dan-kecamatan/
      kemampuan olah data di Ms. Excell akan sangat berpengaruh pada kecepatan persiapan datanya.

      3. JNE tidak memungkinkan kiriman produk liquid / cair, so modul ini bisa saja tidak relevan jika ada produk toko kita yang tidak bisa dikirim via JNE ( karena belum sempat aku buat modul berhubungan dengan masing-masik produk.

      4. Ini yang terpenting, beberapa pengguna modul bahkan belum sepenuhnya mengenal opencart dan tidak tahu cara memasang modul pada opencart.

      Remark :
      yang sudah saya bagi #santaisaja , karena sekali komit bantu maka saya akan bantu sampai selesai.

      Thx dah nyimak dimari.
      :D

  5. Vinch says:

    Selamat malam Mas Rudy,
    apakah saya boleh meminta modul pilih kota dan JNE, Mas Rudy?
    kemudian apakah Mas Rudy bisa men-sharing cara upload data ke modul JNE agar teman2 dapat mengedit dan menambahkan modul JNE dari kota masing2.
    Thank You

  6. Dedi Ariko says:

    wah… wa….. ini mas yang saya cari. he.. he… udah baca artikel dari atas, paragraf/paragraf. Isinya semakin menarik (soalnya sesuai dengan kebutuhan). Pada ending akhir, semangat mengendur soalnya gak resmi di jual, apalagi dibagi. Baca komentar, satu persatu, harapan mulai muncul :)

    Mas, mau pake sajen, pls, beli, atau apapun namanya, saya sangat tertarik dengan modul ini dan sangat membutuhkan. Please gimana caranya????

    • Nikorudy says:

      Menarik komentarna gan :D…ada naik turunnya, hahaha.

      Modulnya sebenaernya sudah dibayar include source code sama yang pesan di awal pembuatan.

      Kayaknya sudah beredar tuh versi premiumnya…

      Mohon maaf banget.
      Btw Thx dah singgah.

Tinggalkan balasan

