Bukan Contoh Yang Patut Ditiru #kritik


Pagi tadi aku dalam perjalanan ke satu tempat … dan kemudian mendadak aku hentikan untuk mengamati sebuah kondisi yang menurutku sangat tidak baik untuk ditiru…ini masih tentang pakir dibahu jalan dan kali ini disebuah gedung layanan publik yang notabene nya adalah milik pemerintah daerah.

Tidak mau men-judge begitu saja, kupaksakan untuk berhenti dan mengamati dari dekat. Aku singgah dan melihat-lihat… tidak berhenti disitu saja akupun bertanya kesana-kemari tentang hal itu.

Ada hal yang bisa kupahami tentang kesulitan yang dihadapi tentang parkir mobil dibahu jalan yang tidak dapat dihindari karena sedang ada perbaikan gedung sehingga area parkir yang mulanya bisa buat mobil dan motor…untuk sementara waktu hanya bisa diisi motor dan sebagian kecil mobil …sisanya harus parkir tepat di depan gedung di pinggir jalan … atau lebih tepatnya di jalan.

Ini adalah sebuah Rumah sakit Umum di “kotaku”, tanpa maksud lain dan hanya sekedar kurang “simpatik” dengan kebijakan yang diambil walau hanya untuk “sementara waktu” karena bagaimanapun ini bukan hanya merugikan pengguna jalan yang lain … namun sangat-sangat berpotensi bahaya bagi pengguna jalan … “seperti sebuah penyempitan jalan tanpa ada rambunya”.

Dari pengamatan hari ini..ada sekitar 18 mobil yang parkir di jalan … dan aku lihat beberapa orang dokter menggunakan kendaraan pribadi keluar masuk rumah sakit.

Okelah, mungkin ini adalah keputusan sulit yang harus diambil dari kondisi keterpaksaan sementara waktu … namun sekali lagi, menurutku keputusan menggunakan jalan … apalagi jalan yang sangat ramai seperti jalan magelang …akan sangat berpotensi bahaya.Mungkin ada opsi-opsi lain yang bisa diambil., misalnya :

1. Petugas (dokter / perawat) yang bekerja  tanpa keluar masuk ada baiknya tidak menggunakan mobil pribadi untuk sementara waktu … paling tidak ini bisa “mengurangi” jumlah kendaraan parkir yang terpaksa harus menggunakan jalan sebagai area parkirnya,

2. Kalau opsi pertama diatas kurang efektif, mungkin ada baiknya pakai opsi kedua yaitu disiapkannya beberapa mobil operasional + driver untuk mengantar jemput pekerja dan dokter. Mungkin ini lebih “mahal” tapi jauh lebih bijaksana dan tidak merugikan pengguna jalan yang lain apa lagi adanya potensi bahaya bagi orang lain.

3. bekerjasama dengan area sekitar misalnya sewa atau dimusyawarahkan dengan lingkungan sekitar …

Atau cara-cara lain … karena menggunakan jalan sebagai tempat parkir dan dilakukan oleh instansi “negeri” akan menjadi contoh yang sangat tidak baik , berbahaya dan tersirat kebijakan keputusan sebuah kepemimpinan yang ……

Walaupun hanya untuk sementara … tetap saja bisa memakan korban saat “sementara” itu.

Kalaupun ini sudah disetujui oleh pemerintah daerah dan petugas … tetap bukan alasan cara ini adalah cara terbaik … adalah hal yang berbeda, karena kedua pihak tersebutlah yang semestinya menjadi “pelindung dan pengayom” dan bukan “pemberi persetujuan” yang bahanya ditanggung oleh orang lain, dalam hal ini adalah pengguna jalan.

NB :

  • Ini bukan bermaksud menghina atau motif yang lain … ini murni kritik, murni ketidaknyamanan pemandangan.
  • Reseh banget ? ya … untuk hal-hal seperti ini .. ketidaknyamanan ku yang membawa aku pada tulisan ini, karena sudah sering aku lihat kecelakaan jalan raya akibat adanya kendaraan parkir di bahu jalan apalagi dijalan.
  • Dengan menyiapkan petugas yang membantu pengunjung untuk menyeberang mengurangi sedikit resiko bahaya itu … namun penyeimbangnya justru resiko bagi petugas yang harus mengatur lalu lintas masuknya kendaraan menjadi lebih besar, dan jangan hanya di pintu masuk saja …karena pintu keluarpun  tertutup jarak pandangnya oleh mobil yang parkir di jalan tersebut.

Thanks.

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s