Berantas RECYCLER dan System Volume Information


Ane 3 hari ini bener-bener dipusingkan dengan malware yang satu ini… RECYCLER dan konco-konconya System Volume Information, pasalnya ane yang lagi develop web lama ane jadi total berantakan karena MySql ane mandeg setiap kali ane habis restart. Terpaksa deh ane fokus ke malware nya dulu saja.

Ceritanya begini, setelah ane sebel bener nih sama gangguan si Recycler …ane googling sana sini cara mengatasinya, dan hasilnya semua info yang didapat sama atau setidaknya mirip-mirip….mungkin karena banyak kopaser. So ane cari ke forum-forum luar yang membahas hal yang serupa. Dan setelah ane praktekin beberapa metoda…hasilnya nih penyakit kambuh mulu. So….ane putusin lakukan secara manual. Dan ternyata memang gak mudah dan butuh waktu yang lama dan kesabaran ekstra.

Problem yang muncul

1. Save Mode ane jadi kagak jalan, jadi tutorial yang menganjurkan ane Save mode jelas ga kepakai.

2. Di hapus gitu aja juga ga bisa, dan ane putusin pake “Unlocker” untuk menghapusnya…ehh muncul lagi…muncul lagi,

3. Konco-konco nih malware ikut-ikutan nimbrung dengan membuat file-file .exe, dan langsung running di Task Managager ane…pastinya inet ane jadi lemot…atau mungkin lepi ane yang jadi megap-megap,

4. Ane pasang anti virus dan anti malware…bukannya ngilangin dan mem-proteksi palah ikut-ikut nambah beban memory lepi ane.

5. Gue pasang Sm*dav..juga kagak ngilangin nih malware….

Persiapan

Setelah mulai “ngambeg” dengan tutorial ini itu dan ga berhasil,,,akhirnya ane mulai tahap penyelesaian secara manual, dan ini tahap-tahap yang ane jalani.

1. Donlot senjata-senjata sakti : (googling aja yak sumbernya)

1. Unlocker

2. OTC

3. RKill

4. RoqueKiller

5. Regcleaner

6. Mbam

7. Smadav

8. Etc,  yang dianggap perlu

2. Sediakan sajen-sajen :

1. Kopi …ane pake Wh*te Coffee (bukan iklan)

2. Rokok …ane pake Dun**il Putih (bukan iklan)

3. Raket listrik anti nyamuk (karena kalau merokok ane buka jendela dan nyamuk  masuk) ,

4. Snack-snack

5. Etc, biar suasananya tambah mistis ….hehehe

Langkah-langkah Ane

1. Jalanin perintah gpedit.msc , caranya : Start –> Run –> ketik gpedit.msc

Di sini ane mematikan “Turn Off Autoplay” dari “Not Configured” menjadi “Enabled” untuk “All Drives

Setelah keluar tampilan “Group Policy”

1. Pilih Computer Configuration –> Administrative Templates –> System –> Turn Off Autoplay atur Enabled -> All Drives

2. Pilih User  Configuration –> Administrative Templates –> System –> Turn Off Autoplay atur Enabled -> All Drives

3. Apply –> OK

Tujuannya adalah mematikan autoplay dari semua drive ane.

Ini gambarnya : (Klik di gambar buat gedein)

gpedit

2. Jangan lupa coffee, rokok dan snacknya biar fresh :)

3. Jalankan perintah msconfig, caranya : Start –> Run –> ketik msconfig

Akan muncul menu “System Configuration Utility” dan ane ubah menjadi “Diagnostic  Start  Up”

Tujuannya : mengganti save mode ane yang gak bisa jalan.

Setelah itu “Apply” –> “Close” dan muncul menu “Restart” –> Restart aja.

Dan ini gambarnya :

msconfig

Instirahat dulu…capek ketik-ketik setelah ane 3 hari berusaha “menghapus” nih malware

Lanjutan di postingan selanjutnya ya ….

Tinggalkan balasan

