Menjelang 9 Tahun Eskimo


Sembilan tahun lalu, ada seorang temen dari departemen sales di sebuah perusahaan besar dimana aku menjadi salah satu konsultan sistem disana berkata :

“Departemen Sales adalah ujung tombak dari perusahaan”

Saat itu dalam hati berkata :

“Setiap departemen juga berkata departemennya adalah ujung tombak di perusahaan”

Saat ini aku memiliki usaha sendiri … yah kecil-kecilan sih, namun aku mulai membenarkan pernyataan temanku itu, aku mengakui bahwa sisi “sales” bagaimanapun menjadi bagian terdepan dari bisnisku tersebut, apalagi saat ini aku  mendalami bidang itu menjadi seorang “salesman” dari perusahaan orang lain….bahkan berada di barisan paling depan penjualan produk.

Yappp…dibisnisku aku memilih lokasi strategis, tempat ramai dan iklan yang mencolok mata agar menjadi pusat perhatian orang yang “berkeliaran” disekitar lapakku tersebut. Kadang aku juga melihat sebuah bisnis memanfaatkan moment-moment tertentu untuk menjaga esksistensinya, katakanlah “nobar pertandingan sepakbola” , “pameran-pameran”, “sosial media” dan berbagai cara lainnya…..

Tetaplah semangat….bisnis atau wirausaha adalah sebuah seni….dan seni memerlukan semua indra kita…..dan memerlukan proses pembelajaran yang konsisten…..

Sebuah catatan saat aku mau buat “Banner Baru” menjelang ulang tahun ke 9  bisnisku…sebuah “Big Banner” :)

Tinggalkan balasan

