Mana Yang Harus Saya Pilih ?


source : Mana Yang Harus Saya Pilih ?.

Asuransi Jiwa + Reksadana VS Unitlink

Banyak sekali yang bertanya tentang ULink yang dibandingkan dengan Asuransi Jiwa + Reksadana dengan pertanyaan “Mana sih yang lebih menguntungkan?”

Membandingkan apple to apple produk tersebut dengan hanya melihat satu sisi keuntungan financial saja merupakan hal yang kurang bijaksana. Karena sebenarnya semua produk tentu ada plus minusnya.

UnitLink itu seperti HP dengan harga 3 juta (misalnya) yang ada fitur kamera dan modem, praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.
Sementara Asuransi jiwa tradisional + reksadana saya ibaratkan kalau saya beli HP biasa seharga 1,5 juta + beli kamera digital 1 juta + beli modem 500rb.

Mana yang fungsinya lebih optimal ? Tentu yang berdiri sendiri bukan ? Tapi kelemahannya tentu tidak mudah untuk dibawa ke mana-mana.

Jika Anda Hanya Fokus di Proteksi
Jika Anda murni hanya fokus di proteksi dan Anda tidak berminat sisi investasinya, pertimbangkan untuk memilih Asuransi Tradisional, kenapa? karena seperti halnya handphone, kamera dan modem…mana yang Anda lebih perlukan akan maksimal dengan fokus hanya sesuai yang Anda perlukan.

Jika fokus pada investasi
Jika kita ingin fokus di investasi dan mau berasuransi jangka pendek saja maka ambil lah asuransi jiwa tradisional + reksadana…alasan nya karena reksadana fee nya lebih rendah dari investasi di unitlink…

Jika kita fokus di proteksi atau fokus di kesehatan dan ada nilai investasi nya
Maka ambilah UnitLink, jangan lupa lakukan perhitungan men-detail bersama agennya sehingga bisa meletakkan porsi yang paling ideal antara sisi proteksi dan investasi sesuau kebutuhan Anda…lakukan perhitungan lengkap jangka premi kita agar polis proteksinya tetap aman agar tetap dicover selama masa pertanggungan dan premi tidak ditinjau ulang. Untuk asuransi jiwa traditional ada masanya (misal ambil 10 tahun), setelah itu sudah tidak dicover lagi dan tiap jangka waktu (tergantung asuransi nya) misal 1 tahun akan ditinjau ulang atau perpanjangan dan kemungkinan ini bisa terjadi :

  • premi naik atau
  • ditolak karena melalui proses underwriting lagi dan riwayat kesehatan kita yang berubah.

Justru saya menyaran skema ini,
Baik unitlink maupun tradisional memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, pilih sesuai. Kebutuhan Anda dan pastikan Agen yang menawarkan produk dengan konsep financial planner yang baik.

  • Jika budget besar
    Jika ingin ber-investasi besar dan proteksi besar, saya justru sarankan ambil UnitLink + reksadana, ibaratnya Anda memiliki ponsel serba lengkap dan juga memiliki kamera digital dan modem untuk hal lainnya
    (note: jika budget Anda memang besar).
  • Jika budget terbatas
    Belilah produk asuransi tradisional…namun pastikan Anda memahami kebutuhan Anda termasuk keuntungan dan kerugiannya, karena sekali lagi…tiap jenis produk memiliki kelemahan dan kekurangannya.
  • Jika budget terbatas, dan tidak mau ribet untuk memperbaharui masa pertanggungan, lebih baik ambil UnitLink saja (no offense) alasannya karena kalau fokus pada proteksi, karena kalau dihitung secara teliti .. untuk meng-cover kesehatan sampai usia 75 tahun dan jiwa sampai 99 tahun jatuhnya akan lebih murah jika dibanding asuransi jiwa tradisional + reksadana.

Kenapa?
Asuransi jiwa traditional + reksadana bisa lebih murah kalau kita hitung untuk jangka pendek, untuk jangka panjang jatuhnya lebih murah UnitLink.

Kesimpulan
Semuanya kembali lagi pada kebutuhan kita sekalian untuk fokus dimana…Jadi kalau anda ingin yang praktis tanpa repot silakan ambil unit link.
Kalau mau yang optimal tapi agak sedikit repot harus memisahkan antara perlindungan dengan investasi, pilih perlindungan jiwa dan kesehatan tradisional saja kemudian mulai menghitung kebutuhan investasi melalui reksadana.

Jika ada masukan yang lain, saya akan senang sekali jika ada comment dari Anda.

Regards

One thought on “Mana Yang Harus Saya Pilih ?

Tinggalkan balasan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s