Osclass Indonesia

Membuat Situs Iklan Berbasis Free CMS


 

Setelah pencarian kesana-kemari…baik yang gratis maupun yang berbayar, akhirnya saya putuskan untuk membuat situs classified menggunakan osClass.

Dari semua pertimbangan yang ada, salah satunya yg membuat saya akhirnya memutuskan menggunakan CMS ini adalah fitur yang sudah “sangat” mendekati dengan apa yang saya cari.

Mengenai kelebihan dan kekurangan CMS ini, Anda bisa lihat langsung ke alamat URL osClass langsung di link di atas.

Sekilas saja mengenai CMS osClass ini sebagai berikut.

Menurut saya pribadi…galery mengenai themes dan ulasan dalam bahasa Indonesia mengenai CMS ini juga masih sangat jarang dibandingkan dengan CMS yang lainnya.

Pada kesempatan atau posting selanjutnya…kita bahas mengenai pembuatan theme menggunakan CMS ini.

 

Catatan :

  • osClass adalah CMS free open source
OSClass is a php script that allows you to quickly create and manage your own free classifieds site. Using this script, you can provide free advertising for items for sale, real estate, jobs, cars… Hundreds of free classified advertising sites are using OSClass. Visit our demo and post a free ad to see OSClass in action.
  • Logo osClass adalah milik osClass.

Thx….semoga bermanfaat.

41 thoughts on “Membuat Situs Iklan Berbasis Free CMS

  1. Anonymous says:

    mantab gan, mo nyobain nih CMS nya, infonya klo ada utk membuat / meng-create themesnya gmn caranya

  2. r4j4colek says:

    saya juga suka Cms ini gan ..saya lagi cari2 plugin bahasa indonesia dan mata uang rupiah. klo agan punya info tolong kabari saya ke email atau ke website saya ..
    makasih sebelomnya:D

  3. pranamoelya says:

    berkali-kali saya coba menginstal cms osclass, tetapi selalu gagal di step2 karena kesulita untuk mengisikan kotak di bagian lokasi. bagaimana solusinya bung?

    • Nikorudy says:

      saat isi lokasi –>country :
      1. Kalau kita online : Kita bisa isi Indonesia,
      2. Kalau kita offline : kita isi Indonesia, tapi saat ketik satu huruf saja (mis : I saja) akan ada pemberitahuan kita tidak online….centang bagian “kita isi nanti” trus tekan tombol “Next”

      Semoga menjawab pertanyaannya gan

    • Nikorudy says:

      Untuk Localhost : –> lihat di folder utama (nama web lokal) disana ada Favicon.ico..tinggal replace dengan yang baru milik Anda gan,

      Untuk Hosting : –> lihat di Root (nama domain) disana ada Favicon.ico…replace dengan icon Anda,

      Semoga menjawab gan :)

  4. Nikorudy says:

    ane belum mengalami masalah kategori ini, data ane upload pake phpmyadmin (import mysql) yang telah ane siapin di excel sebelumnya.

    Untuk template yg dah ane coba :
    1. standart dr osclass
    2. autobilekas
    3. Masjob
    4. newcorp-2.3
    5. realestate-1.0.1
    6. repurpose-1.1.3
    7. seeker
    8. themes_italia_1.0 yg ane ubah jadi peta indonesia,
    9. twitter-1.2.2 ,
    dll yg ane donlot dari situs osclass dan googling.

    Akhirnya ane putusin custom ane develop sendiri dan sekarang belum selesai.
    Kompi ane lg diserang malware yang mattin mysql ane terus :)

    Semoga membantu gan…. thx

    • Nikorudy says:

      Untuk meng-edit / membuat theme osclass lokasi ada di folder oc-content / themes di folder ini kita bisa menempatkan theme yang telah kita buat. Proses agak panjang juga namun kalau kita sudah memiliki theme lengkap di folder itulah kita menaruh theme kita.

      Semoga terjawab gan.

  5. Nikorudy says:

    Utk bro Anonymous….install osclass di hosting (apa saja) bisa melalui spanel/cpanel ….jika ada fantastico osclass bisa lgsg install saja, namun jika tidak ada mesti upload cms osclass ke root.

    Media yg digunakan utk upload bisa melalui fitur upload yg disediakan atau menggunakan aplikasi uploader, misallnya filezilla dsb.

    Setelah terupload….br jalan proses installasi (next…next….dst)

Tinggalkan balasan

