Menggabungkan Beberapa File Video / Movie


Langsung saja deh.

Untuk menggabungkan beberapa video ke dalam satu file ada beberapa cara, namun saya akan kelompokan menjadi 2 (dua) cara, yaitu :

  1. Tanpa Software khusus, dan
  2. Dengan Software khusus.

Cara Pertama ( Tanpa Software khusus)

Kita mulai dari yang pertama dulu, yaitu tanpa software khusus video. Disini kita dapat menggunakan perintah DOS ataupun menggunakan Notepad sebagai batch file. Caranya adalah :

Note : ini contoh untuk format movie .flv (bisa format-format yang lain yang serupa)

1. Buat Folder baru (dianggap tahu caranya)

2. Copy file semua movie/video yang akan digabungkan pada folder yang baru saja dibuat,

3. Buka aplikasi notepad atau text editor lainnya. (Win XP : Start Menu –> All Programs –> Accesoriess –> Notepad)

4. Ketikan “copy /b *.flv MovieGabungan.flv” (tanpa tanda kutip)

5. Save As dengan nama GabungFLV.bat pada folder yang telah kita buat tadi (beri tanda petik di awal pada FileName)

6. Double klik (buka) File GabungFLV.bat tadi dan akan terbentuk file baru berupa MovieGabungan.flv

7. Selesai (file akan terbentuk sesuai urutan nama file aslinya)

Cara Kedua Dengan Software Khusus

Cara lain dalam menggabungkan file movie/video adalah dengan menggunakan software untuk menggabung / memisahkan file (splitter). Banyak sekali software untuk hal ini, ada yang gratisan ataupun yang premium/berbayar).

Software freeware yang dapat digunakan, misalnya :

  1. HJ-Split (lihat caranya dan download)
  2. Ultra Video Joiner (lihat caranya dan download)
  3. dll masih banyak lagi.

 

Demikian dan semoga bermanfaat.

Dan seperti biasa, gunakan dengan bijaksana :D

About Nikorudy

Data reader

Posted on 15 December 2011, in ILMU KOMPUTER and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Tips&Trik nya sudah saya coba, tp kok file jadinya durasinya masih tetep seperti file yang ada di urutan awal cuma kapasitasnya aja yg nambah, trus saya putar videonya juga selesai di file di urutan awal saja, emang begitu ya??? apa langkah2 saya yg salah???

    Thanks

  2. iya nih, saya juga :(

  3. sama….kok bisa gitu ya??

  4. GuaRDiaN AnGeL

    Hai Saya sudah coba gabungkan video saya dan berhasil tapi setelah saya mencoba untuk memutar video yang saya gabungkan malah tidak ada gambarnya !! kenapa bisa begitu ya ! bisa di kasih tau gak knapa sebabnya?! video yang saya gabungkan formatnya MP4 !!!

    PLEASE DI JAWAB OK!!!
    DI TUNGGU THANK YOU ^^

  5. iih malah kelap kelip kyak lampu disko notepad.nya pas di buka

  6. tx
    kren

  7. Sudirman masli

    Yang saya gunakan WONDER VIDEO EDITOR tidak pernah gagal
    Aplikasi ini memang lengkap dan tersedia didalmnya sesuai keinginan para pengedit dan memang cukup saya akui praktis sekali
    Kelebihannya persis WINDOWS MOVIE MAKER tapi kekurangan WINDOWS MOVIE MAKER tidak bisa menambah lebih banyak potongan film apalagi poto2 blang error tapi WONDER VIDEO EDITOR tidak ada pengaruh besar kecilnya file yng dibutuhkan

  8. Sudirman masli

    Yang diatas belum nyoba

  9. Ga bisa..padahal udah bener format n langkah2nya sesuai ptunjuk,musti pake software kali yaa..

Tinggalkan balasan

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 406 other followers

